Pengertian dan Keuntungan Bisnis Franchise

Deskripsi: Inilah definisi bisnis franchise serta alasannya mengapa Anda harus memilih sistem bisnis yang satu ini.

==================================================================

Gambar: Pexels

Apakah sudah lama Anda ingin membuka usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi modal yang tersedia terbatas ditambah takut gagal? Kalau demikian bisnis franchise atau waralaba adalah yang paling cocok untuk Anda.

Model bisnis duplikasi demikian ini sangat disarankan bagi mereka yang pemula dan tidak mengetahui seluk-beluk dunia usaha sama sekali. Jika ingin tahu lebih dalam tentang bisnis tersebut, simak ulasan ini hingga tuntas!

Definisi Franchise

Yang dimaksud franchise adalah kerja sama bisnis antara dua pihak dengan salah satunya mendapatkan izin untuk mengambil manfaat suatu hak cipta. Hak cipta yang dimaksud di sini adalah suatu brand bisnis dan si pemilik mendapat keuntungan dari pembagian laba usaha.

Setiap franchise menetapkan persyaratan dan perhitungan keuntungan yang berbeda-beda dalam menjual hak usahanya. Di Tanah Air bisnis ini disebut waralaba dan jenis usahanya sangat bervariasi, misalnya waralaba kuliner sampai usaha franchise non makanan (jasa).

Bisnis waralaba dengan merek terkenal yang sudah mendunia, harga lisensinya tentu juga mahal. Ini misalnya McDonald, Pizza Hut, Circle K, Dunkin’ Donuts, dan sebagainya. Ini karena merek-merk tersebut telah dikenal dan melekat di benak banyak orang, serta memiliki konsumen setia yang sangat banyak.

Dapat dikatakan perbedaan antara bisnis pribadi dengan bisnis waralaba adalah pada system dan aturan yang mengikat pihak pembeli lisensi. Jadi Anda tidak bisa menjalankan bisnis berlisensi itu sembarangan, misalnya mengganti layanan, memilih supplier yang berbeda, dan lain-lain.

Sistem Kerja Dan Jenis Bisnis Waralaba

Tujuan seorang pemilik brand mendaftarkan usahanya menjadi waralaba adalah untuk memperluas bisnisnya tanpa perlu membuka cabang sendiri. Pemegang waralaba membayar biaya pembelian serta royalti kepada pemilik brand agar dapat melakukan aktivitas usaha dengan brand tersebut.

Dalam kelangsungan usahanya nanti pemilik brand biasanya akan melakukan monitoring dan bimbingan agar duplikasi sistem bisnis berjalan lancar.

Secara umum ada dua macam tipe waralaba. Pertama, terkait produk dan brand, yaitu pemilik waralaba melisensikan atau menjual hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan brand miliknya. Kedua, berkaitan dengan format bisnis atau pemilik brand menyediakan dukungan penuh serta layanan usaha bagi pembeli lisensinya.

Saat ini modal bisnis waralaba yang paling banyak dipilih adalah gabungan dari kedua sistem tersebut. Dapat dikatakan memilih bisnis waralaba adalah peluang untuk berbisnis sendiri tetapi mendapatkan dukungan dari professional. Dengan begitu potensi kegagalan dapat diminimalkan.

Keunggulan Bisnis Waralaba

Dengan memilih bisnis waralaba Anda bisa menghemat ratusan jam mengikuti pelatihan, menemukan produk yang tepat, serta trial and error bisnis. Ini karena sudah ada yang melakukannya lebih dulu untuk Anda, yaitu si pemilik brand/lisensi.

Siapa pun dapat memulai usaha waralaba, apalagi saat ini tersedia semakin banyak merek waralaba lokal yang dapat dipilih. Paket-paket bisnis franchise dibawah 5 juta bisa menjadi opsi masuk akal jika modal yang tersedia tidak terlalu besar.

Meski demikian, pastikan Anda sudah melakukan survey secara intensif untuk mendapatkan gambaran apakah brand yang Anda pilih benar-benar menghasilkan keuntungan. Nah, inilah berbagai keunggulan bisnis waralaba sebagai referensi Anda.

  • Manajemen bisnis sudah terbentuk kuat

Berbeda dengan merintis bisnis perorangan, sistem manajemen franchise telah terbentuk dengan matang dan kokoh. Syarat untuk bisa mewaralabakan suatu bisnis salah satunya adalah sudah memiliki pola manajemen bisnis yang matang dan siap pakai.

Selain itu bisnis waralaba juga harus mempunyai reputasi yang baik dan pasarnya stabil, atau hampir tidak mungkin berubah-ubah. Ini karena manajemen serta strategi bisnisnya telah teruji dan terbukti mampu menyediakan usaha berkelanjutan dalam jangka waktu lama.

  • Brand sudah melekat dihati masyarakat

McDonald, Pizza Hut, atau Dunkin’ Donuts adalah brand yang dikenal hampir oleh semua orang, bahkan dengan basis konsumen setia yang besar.

Artinya sebagai pembeli franchise Anda tak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menentukan pola pemasaran sendiri, termasuk strategi mengatasi kompetisi bisnis.

Merk yang namanya sudah melekat di pikiran masyarakat adalah hasil dari upaya branding yang telah dilakukan selama bertahun-tahun. Merk yang terpercaya biasanya juga telah diliput media secara luas sehingga semakin dikenal orang.

Dengan membeli suatu waralaba, alih-alih sekadar membeli lisensi untuk menjual suatu produk, Anda juga sekaligus memboyong konsumen setia ke gerai Anda.

  • Mendapatkan manfaat waralaba secara menyeluruh

Apa pun jenis waralaba yang Anda pilih, misalnya bisnis franchise minuman, makanan, atau jasa akan memperoleh keuntungan menyeluruh. Ini artinya ikut mendapatkan manfaat dari pihak-pihak lain yang sejak awal menjalin kerjasama dengan pemilik waralaba.

Misalnya kerjasama dengan pihak supplier bahan baku, pihak marketing dan periklanan, pihak konsultan bisnis, dan berbagai pihak terkait lainnya.

Tambahan lagi, pemilik waralaba atau franchisor juga akan mendukung bisnis Anda dengan pelatihan-pelatihan yang berhubungan, misalnya manajemen keuangan, pemasaran, dan lain-lain.

  • Memotong jalan menuju kesuksesan

Tentu saja Anda akan lebih cepat meraih kesuksesan dalam bisnis waralaba karena berbagai keunggulan bisnis yang tadi telah dijelaskan. Keuntungan lain untuk Anda adalah lebih mudah memprediksi modal yang dikeluarkan untuk usaha.

Ini karena strategi marketing serta supply sumber daya usaha telah terukur dengan matang.

  • Lebih mudah mengelola keuangan

Alangkah baiknya dalam menginvestasikan dana adalah pada bisnis yang sudah terbangun kuat, baik dari segi keuangan serta jaringan pemasaran. Sistem manajemen keuangan sejak awal telah ditetapkan oleh pemilik waralaba dan Anda tinggal mengikutinya.

Coba bandingkan dengan merintis bisnis sendiri dimana Anda harus mencari-cari pola usaha yang sesuai, termasuk mengenai manajemen keuangannya.

Rekomendasi Bisnis Franchise Yang Menjanjikan Di Tahun 2020

Minat masyarakat untuk memulai bisnis waralaba semakin meningkat. Hal ini terbukti dari tren pencarian pada search engine dengan keyword “bisnis waralaba”. Selain itu, pameran bisnis waralaba yang digelar di tahun lalu juga cukup sukses dengan lebih dari 20 ribu kunjungan calon pembeli franchise.

Tak hanya waralaba yang berkaitan dengan kuliner alias makanan dan minuman, bisnis waralaba jasa juga semakin banyak didirikan. Ini antara lain barbershop, salon, klinik kecantikan, laundry, lembaga bimbingan belajar, toko retail, serta bengkel panggilan.

Selanjutnya bisnis coffee shop yang juga semakin moncer dalam dua tahun belakangan ini dengan pertumbuhan yang cukup signifikan. Jika Anda berniat mencoba bisnis franchise 2020, alternatifnya adalah pada model-model bisnis di atas, plus coffee shop, apotek, dan kuliner kekinian.

Gambar: Pexels

Untuk investasi bisnis waralaba serta kemitraan yang populer paling tidak Anda harus merogoh kocek mulai Rp 100 juta sampai dengan Rp 250 juta.

Akan tetapi, jangan putus asa dulu jika tidak mempunyai simpanan sebesar itu. Pilihan waralaba dengan investasi di bawah Rp 50 juta pun masih lumayan menarik dan dapat menjadi pilihan.

Nah, semoga ulasan tentang bisnis franchise ini bermanfaat dan dapat menginspirasi Anda dalam merintis usaha.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *