Menghitung Keuntungan Bisnis dengan Rumus Laba Usaha

Deskripsi: Rumus laba usaha pada prinsipnya mengacu pada selisih angka pendapatan dengan beban keseluruhan yang dikeluarkan perusahaan. Bagaimana perhitungannya?

=================================================================

Foto: unsplash.com

Sudah berapa lama Anda menjalankan bisnis usaha dan apakah sudah tahu bagaimana cara menghitung keuntungan bisnis dengan menggunakan rumus laba usaha?

Laporan keuangan merupakan hal penting yang harus Anda kelola secara profesional, sekecil apapun bisnis yang Anda kelola.

Bagi perusahaa besar, hasil akhir laba rugi sebuah perusahaan akan memberikan pengaruh pada minat investor untuk berinvestasi saham. Biasanya hasil akhir ini akan jadi pertimbangan para investor saham apakah memutuskan membeli saham atau tidak.

Mulailah menghitung laba usaha secara profesional agar manajemen perusahaan Anda dinilai positif sejak dini.

Apa itu Laba Usaha dan Jenis-Jenisnya?

Laba atau keuntungan adalah selisih antara jumlah pendapatan dengan jumlah beban yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Apakah selama ini Anda mengetahui bisnis yang Anda jalankan setiap tahunnya untung atau rugi? Atau mungkin setiap bulannya bagaimana?

Itulah pentingnya kenapa Anda harus tahu bagaimana cara menghitung laba usaha.

Laba perusahaan terbagi dua yakni laba bersih dan laba kotor. Laba bersih adalah laba yang sudah dikurangi oleh jumlah beban seluruhnya, sementara laba kotor belum. Apabila jumlah pendapatan lebih kecil dibandingkan beban yang dikeluarkan, maka kondisi ini dikatakan rugi, bukan lagi laba.

Lalu bagaimana jika jumlah pendapatan yang dihasilkan sama dengan jumlah beban yang dikeluarkan? Kondisi ini disebut dengan impas (break even point).

Pentingnya Perhitungan Laba Usaha bagi Perusahaan

Mengapa sebuah perusahaan ataupun bisnis kecil yang baru dimulai penting untuk menghitung laba usaha secara profesional? Berikut beberapa alasannya:

  1. Evaluasi Perusahaan

Besar atau kecil bisnis yang Anda jalani penting untuk dilakukan evaluasi. Salah satu tolak ukur evaluasi yang penting adalah tentang laba perusahaan yang dihitung secara berkala. Angka akhir laba atau tidaknya perusahaan Anda adalah evaluasi penting bagi pemilik perusahaan.

  1. Menarik dan Meyakinkan Investor

Keyakinan seorang investor untuk menanamkan modal salah satunya dengan melihat laporan keuangan akhir sebuah perusahaan dalam rentang waktu tertentu. Jika keuntungan atau laba perusahaan selalu jatuh, bagaimana seorang investor bisa percaya pada perusahaan Anda?

  1. Persyaratan Administrasi berbagai Kepentingan

Tahukah Anda jika saat mengakses modal usaha baik untuk dari pemerintah atau swasta menjadikan salah satu syarat laporan keuangan dari perusahaan.

Anda sedang mengikuti kompetisi hibah misalnya, mengajukan dana pinjaman dan sebagainya, semuanya membutuhkan laporan keuangan yang profesional sebagai persyaratan administrasi.

Bagaimana bisnis Anda bakal dilirik jika dari segi laporan keuangan saja masih banyak bermasalah? Inilah pentingnya membuat laporan keuangan yang menyatakan nilai laba usaha apakah tercapai atau malah rugi.

  1. Membantu Perusahaan Membangun Strategi Baru

Pernahkah Anda menjalankan bisnis yang tidak jelas alur keuangannya baik uang masuk maupun keluar?

Anda bahkan tidak tahu dalam rentang satu tahun ini apakah perusahaan Anda mengalami keuntungan atau kerugian?

Itulah pentingnya kenapa Anda perlu tahu rumus menghitung laba perusahaan baik laba bersih ataupun laba kotor.

Setelah Anda tahu dan bisa menggunakannya maka hal ini akan membantu perusahaan atau Anda sebagai pemilik perusahaan untuk bisa membuat strategi baru yang lebih baik lagi baik dalam hal manajemen, produksi maupun pemasaran.

Hal-Hal Penting dalam Perhitungan Laba Perusahaan Dagang

Sebelum Anda melakukan perhitungan laba atau ruginya sebuah perusahaan, maka penting untuk mengetahui lebih dulu nilai dan komponen yang dibutuhkan dalam perhitungan ini, di antaranya adalah:

  1. Pendapatan atau income

Pendapatan adalah peningkatan aset yang dapat menyebabkan kenaikan modal. Pendapatan ini meliputi pendapatan dari usaha atau penjualan maupun luar usaha seperti pendapatan bunga, sewa gedung dan sebagainya.

  1. Beban (expenses)

Beban adalah penurunan manfaat ekonomi yang menyebabkan penurunan aset. Jenis-jenis beban yang dibutuhkan untuk perhitungan laba di antaranya adalah:

  • Harga pokok penjualan (HPP)
  • Beban administrasi umum (sewa kantor, gaji karyawan, perlengkapan kantor, dan sebagainya)
  • Biaya pemasaran
  • Beban yang timbul dari luar usaha pokok, misalnya bunga kredit bank dan lainnya.

Cara Menghitung Laba Perusahaan Dagang

Pada prinsipnya, perhitungan untuk laba perusahaan adalah dengan membandingkan antara selisih penghasilan dengan beban. Nah, berikut ini beberapa cara menghitung laba bersih dan kotor sebuah perusahaan:

  1. Menghitung Laba Kotor

Bagaimana cara menghitung laba kotor? Anda bisa menggunakan rumus laba kotor berikut:

Laba Kotor = Penjualan Bersih – Harga Pokok Penjualan

Lalu bagaimana menghitung penjualan bersih? Rumusnya sebagai berikut:

Penjualan bersih = penjualan – potongan dari penjualan – retur dari penjualan

Penjualan bersih juga bisa dalam bentuk piutang, tidak harus selalu dalam bentuk kas. Sedangkan untuk menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) digunakan hitungan rumus berikut:

HPP = Persediaan awal –Persediaan akhir-Pembelian bersih

Lalu pa yang dimaksud pembelian bersih? Yakni pembelian ditambah ongkos angkut, ditambah retur pembelian dan dikurangi dengan potongan pembelian.

  1. Menghitung Laba Bersih

Bagaimana pula menghitung laba bersih dari sebuah perusahaan? Rumus laba bersih untuk usaha dagang adalah:

Laba bersih = laba kotor – beban usaha

Lalu apa yang dimaksud beban usaha? Adalah beban operasional + beban non operasional

Sebagai contoh yang termasuk beban operasional adalah gaji karyawan, biaya administrasi, biaya sewa, penyusutan dan sebagainya. Sesangkan yang termasuk beban non operasional misalnya pajak, bunga pinjaman bank dan sebagainya.

Cara Mudah Menghitung Laba Usaha Perusahaan Dagang

Menghitung laba usaha baik laba kotor maupun bersih memang sangat rumit mengingat ada banyak komponen yang harus dimasukkan. Kesalahan beberapa komponen saja menyebabkan perhitungan menjadi salah dan Anda harus melakukan hitung ulang.

Itulah sebabnya pekerjaan sebagai akuntan merupakan profesi berkelas yang dibayar mahal karena menghitung angka-angka dengan komponen yang rumit.

Bagaimana jika Anda mengelola bisnis tetapi tak ahli dengan perhitungan akuntansi laba rugi tersebut?

Jangan khawatir, perhitungan laba bersih dan laba kotor perusahaan ini sudah bisa dilakukan dengan software akuntansi khusus yang mudah dioperasikan.

Anda tinggal memasukkan komponen dari setiap beban maupun pendapatan untuk dihitung secara terperinci. Software online ini membantu para pebisnis mula yang mungkin masih belum berpengalaman dalam hal keuangan.

Masukkan angka-angkanya ke dalam software yang tersedia maka perhitungan akan dilakukan secara otomatis. Anda tak perlu khawatir salah angka.

Hitung secara berkala keuntungan perusahaan Anda. Umumnya skala standarnya bisa satu tahun untuk memastikan apakah bisnis yang Anda jalani tersebut terhitung untung atau rugi. Perhitungan manual juga bisa Anda lakukan jika bisnis yang Anda kelola masih dalam jumlah transaksi yang kecil.

Cari software akuntansi online untuk menghitung angka-angka di atas. Semua sudah bisa dikerjakan secara praktis dan simple.

Mengetahui apakah perusahaan Anda untung atau rugi dalam setahun adalah bagian dari cara evaluasi bisnis Anda secara umum, laporan kepada investor atau penyedia modal. Anda pun bisa membuat strategi marketing, penjualan dan produksi yang lebih baik lagi.

Pelajari rumus laba usaha di atas. Cari staf administrasi yang handal dan berikan software akuntansi terbaik untuk menghitung secara profesional. Selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *