Cara Membuat Invoice Bisnis untuk Tagihan ke Pelanggan

Deskripsi: Bagaimana cara membuat invoice secara online? Jika Anda tak pandai mendesain, saat ini ada banyak website simpel yang bisa membuat form tagihan.

=================================================================

Gambar: templates.invoicehome.com

Invoice pada bisnis dibuat dimaksudkan untuk membuat tagihan kepada pelanggan dengan cara yang lebih elegan. Bandingkan jika Anda harus menagih secara langsung. Selain terlihat tidak profesional juga tentunya akan lebih sulit menjelaskan secara rinci.

Bagaimana cara membuat invoice tersebut?

Sebuah invoice juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara branding perusahaan Anda di mata konsumen. Di dalam form tersebut Anda bisa menyajikan berbagai informasi terkait kontak, logo, identitas, alamat dan sebagainya tentang perusahaan Anda.

Manfaat invoice ini terkadang jarang diperhatikan orang sehingga sajian desain invoicenya sembarangan.

Hal-Hal yang Harus Ada dalam Sebuah Invoice

Sebelum Anda menyusun atau membuat sebuah invoice, setidaknya ada beberapa hal yang harus tersaji di dalam form invoice tersebut, apa saja?

  1. Identitas Perusahaan Anda

Di dalam sebuah invoice tagihan hal paling utama yang perlu dicantumkan adalah identitas perusahaan Anda sebagai penagih. Di antara identitas yang perlu ditampilkan adalah logo perusahaan, nama perusahaan, alamat, kontak, jasa layanan dan sebagainya.

Cara ini adalah bagian dari promosi gratis yang bisa Anda sampaikan kepada konsumen. Ingat, siapa saja mungkin akan melihat tagihan tersebut, bukan hanya pelanggan Anda.

Kemungkinan juga bagi pelanggan baru, informasi identitas tentang perusahaan Anda menjadi hal penting yang perlu disimpan. Terutama nomor dan informasi kontak.

  1. Informasi Transaksi

Invoice adalah bukti tagihan transaksi penjual kepada pembeli, maka informasi tentang transaksi yang disajikan harus jelas. Misalnya besar harga dan jumlah tagihan, jenis barang, tanggal transaksi, nomor tagihan, tanggal jatuh tempo dan sebagainya. Hal ini penting sebagai informasi dan panduan bagi konsumen.

Konsumen sendiri terkadang membutuhkan invoice tersebut untuk kebutuhan laporan keuangan baik itu secara pribadi, lembaga atau organisasi.

  1. Informasi Konsumen

Tak hanya identitas Anda sebagai penagih, konsumen pun perlu dicantumkan datanya. Misalnya nama, alamat, nomor kontak dan sebagainya. Hal ini juga untuk memudahkan dokumentasi Anda pada identitas pelanggan.

  1. Syarat dan Ketentuan Pembayaran

Informasi tentang syarat dan ketentuan pembayaran ini menjadi hal penting yang harus dicantumkan sebagai pedoman bagi konsumen sebelum melakukan transaksi. Memberikan keterangan kepada konsumen terkait ketentuan pembayaran dan bertransaksi di tempat Anda tanpa harus repot menjelaskan secara lisan.

Cara Membuat Invoice Bisnis dari Template Word

Transaksi tagihan Anda belum menggunakan invoice?

Pelajari bagaimana cara membuat invoice online yang lebih simple dan mudah. Sebenarnya membuat invoice bisa saja Anda buat secara manual di microsoft word dengan format sesuai selera. Anda bisa membuat desainnya sendiri versi perusahaan Anda.

Namun, tahukah Anda jika saat ini ada banyak template invoice gratis yang bisa Anda unduh melalui internet. Salah satunya yang menggunakan format word.

Ada banyak website yang menyajikan link download gratis yang bisa langsung Anda sunting dan sesuaikan dengan identitas perusahaan. Masukkan keyword ‘download invoice’ untuk lebih mudahnya.

Cara Membuat Invoice Bisnis di Paper.id

Buat Anda yang tak mau repot membuat desain template untuk invoice bisnis Anda, bisa langsung mendapatkan format gratisnya di website paper.id. Di sini Anda harus mendaftar lebih dulu sebagai member dan selanjutnya bisa menikmati berbagai layanan transaksi bisnis termasuk download template invoice gratis.

Website ini menyediakan aneka jenis template invoice sesuai dengan kategori bisnis yang dijalankan. Anda cukup menggantinya dengan identitas bisnis perusahaan milik Anda. Lebih simpel dan praktis tanpa harus repot mencari desainer. Kunjungi situs tersebut dan baca lebih lanjut informasi dan layanannya.

Cara Membuat Invoice Bisnis di Invoice Generator

Bagi Anda yang ingin membuat invoice secara simpel dan praktis bisa menggunakan situs invoice generator. Kunjungi situs invoice-generator.com yang menyajikan layanan pembuatan invoice secara online.

Saat membuka halaman website tersebut, Anda sudah langsung disuguhkan form untuk pembuatan invoice online yang profesional.

Kelebihan website ini memungkinkan Anda bisa membuat tagihan langsung secara online tanpa harus melakukan registrasi sebagai anggota lebih dulu. Tak perlu membuat akun, Anda sudah bisa langsung menggunakan website tersebut.

Pada bagian depan, Anda akan diminta mengisi logo perusahaan, identitas penjual, data transaksi, catatan, harga, ketentuan dan syarat pembayaran.

Selanjutnya, Anda bisa mengklik tombol send invoice dan sistem pun akan membuat cetakan tagihan yang bisa langsung Anda unduh. Lebih simple, cepat dan praktis. Cocok digunakan jika bisnis Anda masih sederhana.

Kekuranganya tentu Anda tidak bisa memilih template seperti yang ada di paper.id. Namun, sajian dan tampilan template di sini pun sudah cukup profesional. Anda sudah bisa membuat sebuah berkas tagihan yang sifatnya bisa dijadikan branding.

Tertarik menggunakan model invoice simpel seperti ini?

Cara Membuat Invoice Menggunakan Gmail

Tahukah Anda jika gmail juga sudah menyediakan layanan pembuatan invoice online yang lebih mudah dan simpel. Cara membuat invoice dengan gmail ini bisa Anda pelajari secara otodidak dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka akun gmail Anda lalu cari ikon gear lalu klik ikon tersebut.
  • Temukan dan pilih opsi ‘Get Add-ons’
  • Pop tentang G suite marketplace muncul, lalu pilih menu Free Invoice for Gmail – Bookipi.
  • Klik tombol install, selama proses ini Anda bisa mengisi email yang dipakai, gunakan email yang sedang Anda pakai tersebut lalu klik allow.
  • Selanjutnya akan muncul form pembuat invoice
  • Buka email pelanggan lalu klik form invoice tersebut
  • Akan muncul pop bookipi for gmail lalu klik ‘get started’
  • Akan muncul pop lagi dan silakan isi dengan nama perusahaan Anda
  • Isi nama depan dan belakang lalu klik get started with google
  • Akan muncul pop yang berisi tentang informasi invoice yang harus Anda isi, silakan langsung dilengkapi
  • Setelah semua data terisi, klik next dan isikan email pelanggan.
  • Klik kirim dan Anda bisa melihat bentuk form invoice yang terkirim tersebut

Bila Anda melakukan transaksi online di beberapa perusahaan, ada yang menggunakan model invoice melalui gmail seperti ini. Lebih praktis, simpel dan mudah dibuat. Perusahaan-perusahaan besar pun masih sering menggunakan format invoice gmail untuk dikirimkan ke konsumen.

Bagaimana dengan invoice bisnis Anda sekarang?

Hal paling penting selain membuat desain adalah menyesuaikan dengan tipe bisnis yang Anda jalankan. Terutama jika Anda lebih senang menggunakan website yang menyediakan aneka template invoice.

Jangan pernah lupa melampirkan invoice pada bisnis Anda, baik itu transaksi offline terlebih lagi online. Walaupun Anda hanya melayani pembelian melalui whatsapp misalnya, akan terlihat lebih profesional jika Anda menggunakan tampilan invoice yang profesional.

Pelayanan Anda akan menjadi persepsi konsumen memandang bisnis yang Anda jalankan. Lakukan hal yang profesional sekecil apapun itu, termasuk soal tagihan. Dari pada Anda membuat narasi kalimat percakapan tentang tagihan, bukankah lebih simpel jika mengirimkan invoice saja?

Cek lagi cara membuat invoice yang paling mudah untuk Anda, lalu buat sekarang untuk bisnis Anda yang lebih profesional.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *