11 Cara Menagih Hutang yang Ampuh Agar Cepat Dibayar

Deskripsi: Orang sering kali berbicara manis ketika hendak berhutang tetapi berubah galak saat ditagih, berikut beberapa cara menagih hutang yang bisa  Anda terapkan!

======================================================================

Gambar: pixabay.com

Apakah Anda pernah memberikan pinjaman kepada orang lain tetapi berujung malapetaka karena susah ditagih?

Beberapa orang sering kali berbicara manis dan terlihat kasihan ketika membutuhkan uang, tetapi waktu ditagih berubah menjadi galak. Beberapa cara menagih hutang di bawah ini bisa Anda terapkan sebagai solusi dari permasalahan di atas.

1.      Mengingatkan Tenggat Waktu yang Telah Dijanjikan

Pada saat meminta pinjaman, biasanya orang tersebut akan memberikan janji manis bahwa hutangnya akan dibayar dengan cepat. Karena kata cepat itu sangat relatif, Anda harus minta diperjelas kapan tenggat waktu pembayarannya. Dengan adanya janji, maka penagihan utang akan lebih mudah dan beralasan.

Untuk mempermudah cara menagih hutang ke orang, Anda bisa membuat perjanjian tertulis sebelumnya. Catatan ini bisa menjadi bukti bahwa orang tersebut telah melewati batas waktu dan wajib membayar. Ingatkan dan bicarakan baik-baik apabila sudah memasuki tenggat waktu yang telah dijanjikan.

2.      Ceritakan Kebutuhan Anda yang Mendesak

Salah satu cara menagih hutang dengan sopan adalah dengan menceritakan kebutuhan Anda yang sedang mendesak. Utarakan kebutuhan Anda yang mendesak saat itu dengan memasang muka yang butuh dikasihani.

Anda harus bisa meyakinkan orang tersebut bahwa hanya uang dari hasil pelunasan yang bisa jadi harapan.

Jangan khawatir jika perkataan Anda membuat orang tersebut tidak nyaman. Karena bagaimanapun uang tersebut masih menjadi hak Anda selaku pemberi pinjaman. Tapi tetaplah untuk memilih diksi yang tepat dan sopan agar tidak menyakiti.

3.      Sindir Melalui Media Sosial

Jika cara sebelumnya sudah Anda terapkan namun tak kunjung berhasil, Anda bisa mulai melakukan sindiran halus di media sosial. Pilih media sosial yang paling sering diakses oleh orang tersebut, misal status Whatsapp atau Instagram story.

Cara menagih hutang kepada teman ini mungkin bisa membuatnya gerem, tapi cukup efektif jika kondisinya sudah sangat mendesak. Jika Anda memiliki nyali yang besar, Anda bisa melakukan sindiran di hadapannya secara langsung.

4.      Kode Keras di Tanggal Gajian

Sering kali orang berhutang bukan karena desakan ekonomi, tapi gaya hidup yang tidak beraturan. Orang tersebut bisa saja memiliki uang banyak ketika baru gajian, tapi cepat habis karena mengikuti gaya hidupnya.

Jika Anda menjumpai orang tipe ini, cari tahu kapan orang tersebut mendapatkan gaji atau kiriman setiap bulannya.

Jika waktu tersebut sudah ada, temui dia dan lakukan penagihan hutang agar uangmu bisa segera cair. Menagih hutang di tanggal gajian merupakan waktu paling tepat dan efektif karena orang tersebut tidak memiliki alasan tidak punya uang.

Anda bisa menagihnya secara langsung dengan kalimat yang baik bahwa Anda sedang membutuhkan uang. Atau Anda bisa juga mengajukan kode keras dengan memancing kepekaan atas hutangnya tersebut.

5.      Mintalah Dibayar saat Makan Bersama

Jika Anda kesulitan menagih hutang tunai secara terang-terangan, mintalah dibayar ketika sedang makan bersama. Anda bisa mengingatkan hutangnya saat itu atau berdalih lupa membawa uang.

Sering-seringlah mengajaknya makan bersama, nongkrong di cafe, atau sekedar nonton di bioskop. Jelaskan kepada orang tersebut jika hutangnya akan terpotong ketika kebutuhan Anda dibayarin. Walaupun tidak secara tunai, piutang Anda akan pelan-pelan terbayar dengan menerapkan metode ini.

6.      Seringlah Nitip Dibelikan Sesuatu

Sama halnya dengan minta dibayar saat pergi bersama, sering nitip dibelikan sesuatu juga bisa menjadi salah satu solusi yang efektif. Misalkan pada saat orang tersebut hendak pergi ke rumah Anda, titiplah untuk dibelikan makanan atau kebutuhan lain.

Walaupun tidak seketika uang Anda kembali, tapi dengan cara ini Anda bisa memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jangan lupa untuk memberitahu orang tersebut bahwa uang untuk membeli barang titipan dipotong dari hutang.

7.      Lakukan Penagihan di Depan Pihak Ketiga

Jika Anda melakukan penagihan pada saat berdua tidak berhasil, cobalah untuk melakukan penagihan di depan pihak ketiga. Pihak ketiga ini bisa berupa pacar, sahabat, saudara, bahkan orang tuanya. Cara ini akan lebih efektif karena bisa memainkan psikologis dan rasa malunya.

Jika orang tersebut tidak memiliki segan kepada Anda, bisa jadi orang tersebut masih memiliki rasa segan di depan orang terdekatnya. Lakukan penagihan dengan cara elegan tanpa menyakiti dan menghinanya.

8.      Minta Pertolongan Pihak Ketiga

Cara selanjutnya yang bisa Anda tempuh adalah dengan meminta pertolongan dari pihak ketiga yang dekat dengan orang tersebut. Anda bisa meminta tolong kepada saudara, teman dekat, atau pacar dari orang tersebut dengan cara baik-baik.

Hal ini bisa menjadi solusi apabila Anda segan dan takut salah bicara jika menagihnya secara langsung. Cara ini juga bisa Anda lakukan ketika Anda sudah menagih secara langsung, tapi diabaikan atau diperlakukan tidak baik.

Biasanya seseorang akan lebih mudah menyadari kesalahan pada saat ditegur oleh orang terdekat.

9.      Membuat Perjanjian diatas Materai yang Legal

Sebelum membuat perjanjian hutang dan piutang dengan nominal yang relatif besar, ada baiknya Anda mempersiapkan surat perjanjian bermaterai. Namun, jika terlanjur tidak melakukannya, Anda bisa menghampirinya dan memberikan tenggat waktu baru.

Di waktu tersebut, mintalah orang yang berhutang untuk menandatangani surat perjanjian yang telah Anda buat sebelumnya. Pastikan Anda menggunakan materai yang legal dan isi surat yang menerangkan dengan jelas.

Dengan demikian orang tersebut akan mengusahakan dengan keras karena terikat dengan hukum yang berlaku.

10.  Tagih Melalui Anggota Keluarga

Apabila Anda mendapati indikasi orang yang berhutang tersebut terus menjauh dan menghindar dari Anda, Anda bisa melakukan cara ini. Menagih melalui anggota keluarga sering kali efektif dilakukan ketika sudah terpaksa.

Bagaimanapun, Anda sedang berjuang keras mendapatkan hak Anda kembali. Jangan merasa sungkan ketika menerapkan cara menagih hutang ke saudara dan teman dengan metode ini. Susunlah kata-kata yang sopan dan hindari perkataan yang menjelek-jelekan.

11.  Diskusi dan Kerja Sama dengan Pihak HRD

Cara menagih hutang yang susah bayar paling kejam adalah dengan melakukan diskusi dan kerjasama dengan HRD tempat orang tersebut bekerja.

Anda bisa memulainya dengan mengutarakan maksud dan menceritakan permasalah terkait hutang. Anda bisa meminta pendapat bagaimana cara paling bijak untuk mencairkan hutang orang tersebut.

HRD mungkin saja memberikan solusi dengan melakukan pemotongan gaji otomatis setiap bulan hingga hutangnya terbilang lunas. Atau Anda bisa meminta bonus tahunan dari orang yang bersangkutan apabila nominalnya sesuai.

Urusan utang dan piutang memang sering kali menjadi permasalahan yang rumit akibat rasa segan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencari tahu dulu bagaimana latar belakang orang sebelum memberikannya pinjaman.

Pastikan Anda tidak pernah mendengar desas-desus bahwa orang tersebut memiliki riwayat susah membayar hutang.

Namun, bila Anda terlanjur terjebak kasus tersebut, Anda bisa melakukan salah satu atau beberapa cara menagih hutang di atas. Jangan pantang menyerah dan jangan takut untuk terus memperjuangkan hak yang seharusnya menjadi milik Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *